Hutan Payau Cilacap Yang Begitu Hits

Natoox.com – Hutan mangrove atau dikenal sebagau hutan payau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut tepatnya di daerah pantai dan sekitar muara sungai. Karena berada di daerah pasang surut, tumbuhan yang hidup di hutan mangrove bersifat unik karena merupakan gabungan dari ciri-ciri tumbuhan yang hidup di darat dan di laut.

Hutan Payau Mangrove yang berada di desa Karang Talun kecamatan Tritih Kulon kabupaten Cilacap. Hutan Payau Mangrove didirikan pada tahun 1978 dan baru dijadikan hutan kota dengan luas 10 hektar. Lokasi Hutan Payau Mangrove langsung berbatasan dengan area pesawahan warga dan hanya dibatasi oleh pematang saja.

Meskipun Cilacap dikenal sebagai daerah industri tetapi ternyata memiliki hutan mangrove yang masih terjaga. Hutan mangrove Cilacap ini selain memberikan manfaat secara ekologis, juga dimanfaatkan jasa lingkungan-nya sebagai obyek wisata unggulan Kabupaten Cilacap.

Hutan Wisata Payau Cilacap berada tidak jauh dari pabrik Semen Holcim. Hutan Payau Cilacap ini dapat dijangkau dari jalan Nusantara, dan berjarak sekitar 2 km dari pinggir jalan raya. Sampai ke lokasi Hutan Wisata Payau Cilacap ini sudah beraspal hotmix. Masuklah ke jalan Wisata Payau dari arah jalan Nusantara.

Dari informasi yang diberikan oleh para warga setempat, Hutan Payau Mangrove yang berada di lokasi ini, mendapat suplai air payau dari sungai Lester yang langsung terhubung dengan laut. Hutan Payau Mangrove ini terdapat 15000 pohon mangrove yang terdiri dari beberapa jenis yakni Tancang (Bruguiera gymnorrhiza), Api-api (Avicennia sp), Bakau Bandul (Rhizophora mucronata) dan Bakau Kacangan (Rhizophora apiculata). Ekosistem Hutan Payau Mangrove di sini dihuni oleh banyak sekali biota mangrove, yang bisa teramati secara kasat mata, seperti ikan Gelodok, Uca, Udang Pistol, Tanggal, burung, berbagai jenis ikan dan lain-lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *