Pulau Samosir

Natoox.com – Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba, sebuah pulau dalam pulau yang terpisah dari daratan Sumatera. Kekayaan obyek wisata di Pulau Samosir tidak hanya pada panorama Danau Toba dan gunung di sekitarnya, tapi juga obyek wisata budaya. Ada beberapa desa yang masih mempertahankan tradisi leluhur sehingga tempat ini bagai Permata di tengah Danau Toba.

Desa Ambarita yang berada di Pulau Samosir menjadi satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi, karena terdapat situs peninggalan sejarah di masa Raja Sidabutar yang dipercaya menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di pulau tersebut. Makam Raja Sidabutar, yang berusia 450 tahun dan rumah adat Batak yang masih terpelihara hingga sekarang.

Sigale-Gale artinya lemah gemulai adalah salah satu kesenian tradisional masyarakat suku Batak di Samosir, sigale-gale sendiri merupakan sebuah boneka kayu berbentuk manusia yang digerakan serta menari dengan diiringi oleh musik tradisional. Tarian ini biasanya sering ditampilkan di berbagai acara adat, acara budaya, bahkan menjadi salah satu daya tarik pulau Samosir.

Pertunjukan Sigale-gale masih dilestarikan masyarakat Pulau Samosir hingga sekarang, dan menjadi pertunjukan yang dinanti para wisatawan yang berkunjung kesini. Cuma, boneka Sigale-gale telah mendapat sentuhan modern dan tidak lagi menggunakan mantra-mantra untuk menggerakkannya.

Boneka Sigale-gale telah dirancang khusus agar bisa digerakkan oleh seorang pangurdot (pemain Sigale-gale). Di tangan seorang pangurdot yang cukup berpengalaman, boneka Sigale-gale bukan hanya bisa menari, tapi juga bisa menangis dan benar-benar mencucurkan air mata, seperti seseorang yang sedang bersedih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *