Puncak Suroloyo Kulon Progo Yang Penuh Mistis

Natoox.com – Tidak hanya satu dua wisata yang ditawarkan di kota Yogjakarta. Salah satu tempat wisata yang memiliki sebuah panorama indah yakni Puncak suroloyo kulon progo.

Puncak Suroloyo merupakan obyek wisata di daerah Kulonprogo , menyimpan kisah legenda yang sangat terkenal. Yaitu tokoh Raden Mas Rangsang yang bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo yang mendapat petunjuk wangsit tentang kekuasaan di tanah Jawa.

Beliau mendapat wangsit bila mau menjadi penguasa di tanah Jawa, beliau harus berjalan kearah barat di Keraton Kotagede menuju pegunungan menoreh dan melaksanakan tapa brata di salah satu perbukitan menoreh ini yang sekarang dikenal dengan nama puncak Suroloyo.

Untuk menuju puncak Suroloyo anda harus menaiki anak tangga berjumlah 286 dengan tingkat kemiringan yang lumayan terjal. Sesekali anda harus beristirahat dulu untuk memulihkan tenaga menuju anak tangga berikutnya. Biasanya pada anak tangga yang ke 100, banyak para wisatawan mulai terenggah –engah.

Waktu yang paling tepat untuk pergi ke puncak suroloyo adalah pergantian antara musim hujan ke musim kemarau. Apalagi para wisatawan yang suka denga sunrise dan sunset. Waktu-waktu itu adalah keadaaan diaman cuaca di uncak suroloyo sangat cerahtanpa awan dan kabut.

Jika akan berkunjung ke wisata alam puncak suroloyo, pastikan motor atau mobil pribandi anda dalam keadaan fit. Karena jalan menuju puncak suroloyo dari jalan kabupaten menuju puncak banyak kelokan dan tanjakan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *