Senangnya Bermain Snorkeling di Pulau Kapoposang Sulawesi Selatan

 

 

 

Natoox.com – Mungkin kalian masih merasa asing dengan nama sebuah Pulau Kapoposang di Sulawesi selatan. Tetapi di pulau itu, kalian dapat melakukan snorkeling bersama ikan nemo.

Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan memang terkenal dengan gugusan pulau supermode yang sangat menawan. Diantaranya yakni Pulau Kapoposang yang terletak di Desa Mattiro Ujung, Kecamatan Liukang Tupabiring, Pangkep. Pada pulau tersebut, pengunjung akan diberi suguhan pemandangan yang indag di bawah laut.

Hanya dengan jarak 100 meter dari bibir pantai pulau ini, pengunjung sudag dapat melakukan snokeling dan memandang panorama ekologi laut yang menawan. Diantaranya yakni ikan badut atau terkenal dengan ikan nemo.

“Airnya sangat jernih, jadi enak sekali bersnokeling. Banyak biota laut yang memukau seperti Ikan badut yang mudah kita temukan di atas terumbu karang,” ungkap salah satu pengunjung, Tasniah.

Pada kedalaman laut, pengunjung kalian dapat menyelam dan melihat beragam terumbu karang dari hasil transplantasi oleh pemerintah dan masyarakat sekitar. Bila merasa kelaparan, kalian yang mengunjungi wisata ini tidak usah khawatir lantaran mencari ikan yang ada di pulau ini tidaklah sulit. hanya dnegan memancing di sekeliling dermaga pengunjung sudah dapat memperoleh ikan kakap.

“Air sumur di pulau ini juga sangat tawar. Jadi kita tidak usah bersusah payah membawa air dari dermaga,” ungkap Hasniah.

Ketika matahari akan terbenam, pengunjung akan diperlihatkan pemandangan sunset yang sangat indah pada bibir pantai pasir putih.

Warga setempat pulau ini memang begitu menjaga kelestarian lingkungan Pulau Kapoposang. Tidak terdapat nelayan yang mencari ikan dengan cara ilegal misalnya dengan melakukan pengeboman atau menggunakan pukat harimau.

“Dulunya memang ilegal fishing marak di sini. Tapi perlahan, masyarakat sadar, jika hal itu membuat mereka sendiri yang susah mencari ikan,” ungkap Kepala Desa, Hasanuddin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *