Wisatawan Asing Tempat Wisata Danau Kelimutu Meningkat

 

 

 

Natoox.com – Wisatawan asing yang mengunjungi tempat wisata Taman Nasional Danau Kelimutu yang terletak di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tahun 2017 lalu mencapai sebanyak 18.000 wisatawan.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu Agus Sitepu mengungkapkan wisatawan asing yang mengunjungi tempat wisata tersebut mengalami peningkatan sebanyak 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Agus mengatakan, pada thun 2016 jumlah wisatawan tempat wisata daau tiga warna, baik wisatawan likal ataupun wisatawan asing sebanyak 81.000 orang dan 12.000 nya merupakan wisatawan asing.

Kemduian pada tahun 2017, total wisatawan yang mengunjungi lokasi ini meningkat menjadi 91.000 orang dan 18.000 orang wisatawan asing.

“Ada kenaikan khususnya wisatawan mancanegara sebanyak 6.000 orang atau kenaikan dari 14 persen menjadi 20 persen selama satu tahun dari 2016-2017,” ungkap Agus, Kamis (8/2/2018) malam.

Supaya dapat meningkatkan kembali kunjungan wisatawan, pada tahun ini pihak pengelola akan meningkatkan promosi serta membuka akses kalur trekking wisata.

Kemudian, Agus juga mengatakan jumlah pendapatan yang dipeoleh Balai Taman Nasional Kelimutu pada Tahun 2017 mengalami peningkatan yakni sebanyak Rp 3,5 miliar yang sebelumnya hanya Rp 2,8 miliar pada tahun 2016 lalu.

Dia juga menjelaskan supaya memberi kenyamanan pada para pengunjung di tahun 2018 ini, pihak pengelola akan mendirikan rumah adat di sekitar kawasan parkiran.

Pembuatan rumah adat tersebut ditujukan supaya dapat melangsungkan upacara adat dan menjadi tempat pemberangkatan bagi para Mosalaki (tetua adat Ende) ketika mengadakan ritual adat.

Sementara ketika hari biasa, rumah adat dapat dipakai sebagai museum serta dapat dijadikan shelter untuk para pengunjung yang hendak menikmati keindahan panorama Kelimutu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *