Wisata Alam Semarang, Kunjungi Mata Air Senjoyo Saja

 

 

 

Natoox.com – Bagi kalian warga Kota Semarang yang bosan dengan suasana kota, kalian dapat mengisi waktu libur dengan mengunjungi destinasi yang membuat kalian lebih degar di Kabupaten Semarang.

Ya, pilihan destinasinya yakni Mata Air Senjoyo. Wisata ini berlokasi di Jalan Senjoyo IV, Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Mata Air Senjoyo ini ada di sebuah desa di ujung Kota Salatiga. Udaranya yang sejuk dan kelestarian alamnya yang indah membuat kesegaran terasa, terlebih mata airnya juga bening dan terjaga kebersihanya.

Mata Air Senjoyo adalah salah satu sumber mata air PDAM Kota Salatiga. Bukan hanya airnya yang jernih, sepanjang musim mata air ini juga tidak pernah kering serta terdapat sebuah kepercayaan klenik dari sumber mata air ini yaitu ritual kungkum (berendam) semalaman, dengan tujuan mengharapkan berkah.

Bagi pihak PDAM Kota Salatiga yang beda dengan kota lain, sumber mata air Senjoyo langsung disalurkan kepada pelanggan lantaran airnya yang jernih. Meskipun dekat dengan Kota Salatiga, mata air ini masih terletak di Kabupaten Semarang.

Di area Mata Air Senjoyo para pengunjung akan menyaksikan bebatuan relief peninggalan jaman dulu. Konon ceritanya pemandian tersebut dipakai oleh raja-raja yang menguasai daerah tersebut.

Tidak hanya itu, terdapat cerita legenda mengenai Mas Karebet atau Joko Tingkir yang pernah bertapa berendam di Mata Air Senjoyo ini. Dan sekarang, mata air ini teru diperbaiki dan dibuat beragam spot foto yang menarik untuk mencuri perhatian para pengunjung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *