Puncak Gunung Gilingan dan Watu Jendhul, Destinasi Wisata baru di Kulonprogo

 

 

 

Natoox.com – Terdapat dua destinasi baru yang ada di Kecamatan Girimulyo yaitu Puncak Gunung Gilingan dan Watu Jendhul. Panorama alam perbukitan Menoreh serta spot foto menjadi unggulan dari dua destinasi wisata ini.

Puncak Gunung Gilingan terletak di Pedukuhan Patihombo, Desa Purwosari sementara Watu Jendhul terletak di di Pedukuhan Bulu, Desa Giripurwo. Kedua tempat tersebut secara resmi menjadi tempat wisata yang dibuat oleh Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo pada kegiatan BBGRM ke-XV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 tahun 2018 di Kecamatan Girimulyo, Kamis (12/4/2018).

Kepala Desa Purwosari, Purwito, Jumat (13/4/2018) mengungkapkan bahwa Rintisan Gunung Gilingan merupakan salah satu petilasan Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Pada area tersebut sampai sekarang ini juga masih terdapat bekas persinggahannya. Sementara Rintisan Watu Jendhul adalah temoat yang asyik untuk disambangi lantaran memiliki banyak spot foto.

“Pengunjung dapat melihat hijaunya pemandangan alam dan perbukitan,” tuturnya.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo memberikan apresiasi terhadap masyarakat setempat lantaran sampai sekarang ini masih memiliki semangat untuk menjaga alam serta dapat memanfaatkannya menjadi objek wisata.

Pihaknya mengharapkan masyarakat bukan hanya menebang pohon tetapi juga dapat menanam kembali. Pada waktunya nanti, dirinya yakin bahwa hal etrsebut akan memberikan kesejahteraan untuk masyarakat dan dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

“Masyarakat hendaknya juga pandai mengelola lingkungan dan memberdayakan potensi lokal. Termasuk, pengelolaan objek wisata dan priduk lokal dalam mewujudkan kemandirian ekonomi di Kulonprogo,” terangnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *